Thursday, June 9, 2011

Blogilicious Kito Palembang - Bukti "Blogging Has Never Tasted This Good"

.
Blogilicious Kito Palembang
, itulah tema roadblog yang diselenggarakan oleh IdBlogNetwork yang bekerja-sama dengan panitia lokal dari komunitas Blogger WongKito Palembang. Kota "pempek" kami ini adalah kota ke 4 setelah Blogilicious De Surabaya, Blogilicious Fun Makassar dan Blogilicious Horas Medan. Sesuai posting daku yang lalu, acara di tiap kota dilangsungkan selama 2 hari berturut-turut, khusus Palembang pada 4 dan 5 Juni 2011 bertempat di aula gedung Telkom Sudirman Palembang. Sedangkan event berikut dari roadblog ini akan diselenggarakan di Jogjakarta (11-12 Juni 2011), Bandung (18-19 Juni 2011) dan terakhir sebagai penutup di Jakarta (25-26 Juni 2011).




Jikalau daku rangkum kegiatan selama 2 hari ini dengan kata-kata pada tulisan di posting ini mungkin bisa jadi akan amat panjang nantinya, karena kegiatan yang padat dan menariknya materi-materi yang dipresentasikan oleh para pemateri yang mengisi acara. Jadi baiklah, biarkan foto yang banyak berbicara di posting ini dengan dibubuhi sedikit keterangan singkat (kembali ke pakem lama). big grin

*Klik pada gambar untuk memperbesar...

Foto paling atas itu menunjukkan backdrop acara yang dipasang di panggung, lumayan besar juga ukurannya 5m x 2m , daku tahu persis karena daku yang cetak di percetakan. Sedangkan foto dibawahnya itu menggambarkan antusiasme peserta pada hari pertama.



  1. Setelah acara dibuka oleh MC, mas Amril Taufik Gobel langsung mengambil alih acara. Gak tanggung-tanggung 2 hari penuh beliau ini jadi moderator acara, terima kasih ya mas... (tampak belakang : backdrop di panggung).
  2. Mbak Ira Hairida a.k.a itikkecil dari komunitas WongKito menyampaikan materi tentang "Tips Blogging". Mbak satu ini tampaknya sudah sah menjadi seleb blog lokal karena banyaknya permintaan foto bersama tanpa tanda tangan seusai acara.
  3. Penggiat internet sehat, mas Donny BU sedang menyampaikan materi tentang "Etika NgeBlog".
  4. Pak Widarno dari PT Telkom berbicara tentang "Mobile Blogging".
Menariknya lagi dari acara ini adalah, bagi peserta yang beruntung baik itu yang bertanya seputar materi yang dijelaskan maupun yang menjawab pertanyaan kuis dari pemateri di seluruh akhir tiap sesi pada hari pertama dan kedua akan mendapat bingkisan menarik dari para sponsor acara, seperti Telkom dan Kaos Nyenyes.

Setelah materi dari Pak Widarno dan Pak Mukhlis yang menjelaskan sedikit info tentang speedy usai, acara pun break sejenak untuk memberikan kesempatan kepada seluruh partisipan makan siang dan melaksanakan sholat dzuhur. Setelah itu acara dilanjutkan kembali seperti pada foto dibawah ini.


  1. Mas Iman Brotoseno, membuka sesi setelah break dengan materinya tentang "Tantangan Blog di Era Social Media".
  2. Langsung dilanjutkan dengan materi dari mas Aris Heru Utomo, tentang "Komunitas Blogger ASEAN". Komunitas Blogger Asean apaan tuh?? langsung kunjungi blog mas Aris aja untuk lebih jelasnya.
  3. Sesi terakhir ada pelaku sukses eMarketing, mas Andhika Wijaya Kurniawan ngomongin tentang "Blogpreneur".
  4. Setelah sesi terakhir acara-pun ditutup untuk dilanjutkan esok harinya. Kesempatan foto bersama pengisi acara, panitia pusat dan panitia lokal pada hari pertama ini dilakuin karena sebagian pemateri dari Jakarta seperti mas Donny, mas Iman dan mas Aris langsung pulang ke Jakarta setelah acara hari pertama usai.
Lanjut ke hari kedua,


  1. View venue aula Telkom tampak atas.
  2. Hari kedua dibuka oleh mbak Ajeng (Ajengkol) dengan materi yang sangat menarik mengenai pentingnya "Search Engine Optimization (SEO)" agar blog kita berteman akrab dengan search engine.
  3. Dilanjutkan kemudian oleh mas Steven Sondang dari Berniaga.com. Sebuah website dimana pelaku pasar (pembeli dan penjual) online bertemu di dunia maya.
  4. Sesi paling menarik nih, mbak Mubarika Damayanti menjelaskan tentang "Blog Monetizing", terutama bagaimana menghasilkan duit dari blog dengan join di IdBlogNetwork dikumpas tuntas di kesempatan ini.


  1. Menyambung sesi dari mbak Rika diatas, sesi pertanyaan dari Mas Kukuh TW bagi calon peserta job review dari IdBlogNetwork mengundang respon dari seluruh peserta untuk saling berebut tunjuk tangan demi kesempatan mendapatkan hadiah yang lumayan besar, seru banget pokoknya momen ini.
  2. Ibu ketua panitia, mbak Suzan, Dora emon (para WongKitoers) dan mas satu itu lupa namanya mencoba peruntungan untuk dapetin job review. Karena usaha yang keras dari si mas tersebut beruntunglah job reviewnya jatuh ke dia.
  3. Setelah break makan siang dan sholat dzuhur yang dapat giliran tampil adalah kak Andi Saleh, dari komunitas WongKito. Materi presentasi tentang "Desain Blog" wajib dikasih 4 jempol, penjelasan runut yang tampak rumit bagi para pemula akan sangat membantu kita bagaimana mengotimalkan blog dari sisi desain.
  4. Jacket^Cyber a.k.a Terren, yang menjelaskan materi "Security" didapuk sebagai penutup sesi presentasi. Untuk mas Terren : "maaf fotonya cuma pas nyerahin hadiah kuis ke peserta, karena daku saat itu mengoperasikan presentasinya, jadi cuma bisa ambil momen itu" not worthy
Big Eyes Info : sembari break makan siang pada hari kedua, mbak Ajeng mengumumkan mengenai kontes SEO mini, baik skala lokal maupun nasional. Untuk lokal hadiahnya adalah Samsung Galaxy Mini, sedangkan untuk nasional Samsung Galaxy Tab & Galaxy Mini.

Blogilicious Kito Palembang dipilih sebagai keyword lomba SEO mini skala lokal, sedangkan untuk skala nasional keyword yang dipilih adalah IdBlogNetwork Pilar Blogger. Daku pun secara pribadi mengikutkan postingan ini pada lomba SEO mini skala lokal, mencoba peruntungan di lomba SEO untuk kali pertama sekaligus mencari pengalaman sebagai seorang narablog. Syukur-syukur kalo beruntung bisa menang, yang penting usaha dulu deh. big grin


Setelah rangkaian acara Blogilicious Kito Palembang ditutup dengan do'a bersama tibalah sesi pamungkas dari acara Blogilicious ini yakni foto bersama. Seluruh pengisi acara, peserta dan panitia tumplek blek di panggung yang sebenarnya besar namun setelah semua naik keatasnya kelihatan kecil ini.

Kesan selama perhelatan Blogilicious Kito Palembang ini alhamdulillah berjalan lancar dengan tidak menutupi kekurangan yang ada disana-sini karena keterbatasan yang ada. Ucapan terima kasih dihaturkan kepada seluruh pihak yang telah menyukseskan kegiatan ini, baik pihak IdBlogNetwork, sponsor utama kegiatan seperti (berniaga.com, OSK188, Flexi, ad+, C2, Indonesia travel), para sponsor lokal (Telkom Speedy, PalTV, Nyenyes & Radio Trijaya), tak lupa rekan-rekan di WongKito, dan yang paling penting adalah para peserta yang sudah bersedia meluangkan 2 hari waktunya untuk acara ini.

Last but not least, harapan ke depan untuk kegiatan serupa roadblog Blogilicious Kito Palembang ini, baik dari IdBlogNetwork sendiri ataupun penyelenggara lainnya adalah agar rutin dilakukan setiap tahun dan merata di seluruh provinsi, ini juga bertujuan untuk meratakan penyebaran informasi yang bermanfaat. Selain menggalakkan internet sehat, keuntungan yang didapat dari ngeBlog bisa menjadi sarana mencari pendapatan bila diedukasikan dengan baik dan benar. Terima kasih...



Cinderamata berupa video ini dibuat oleh mas Donny BU, klik play!



Late report finished on 110611, 11.30 am

40 comments:

  1. kereeen...
    klo vote, aku vote lah punyo Au nih :)

    ReplyDelete
  2. eits, kenapa ada emon di belakang namaku -___-"
    but, seperti kata mbak Nike di atas. KEREN !!
    good report ^^

    ReplyDelete
  3. @Nike : sayangnya tak de vote di sitem penjurian :)

    @Dora : JK hehehe... piss and thx :)

    @Mbak Ikel : sapisial buat yg mempercayakan gearnya :)

    @R10 : weh..weh... :p

    ReplyDelete
  4. wah.... pasti seru ye, sayang dak sempet hadir :)

    ReplyDelete
  5. keren bang..
    tp agag d bnyak'i lg humorny biar dk bosen klo d bc oleh org yg dk suka bc spt saia,heuheu...
    ketauan dech :p

    good job,saia vote bang uLik...
    :D

    ReplyDelete
  6. Ulasan berdasarkan foto... hmm... menarik bro! Boleh jugo ide gaya postingannyo nih daku ikuti jejaknyo, hehehe

    BTW, itu hasil shot dewek yeh? Lengkap nian... (applause)

    ReplyDelete
  7. Wow.. Nice posting... :)

    Ikutan kata @Nike, "Keren"... :D

    ReplyDelete
  8. @Nadia : sibuk utk buntut dimaklumin di' :p

    @Nani : pengen sih, sayangnyo blm ado bakat jadi pelawak :D

    @Cici : lah bukannyo sdh pernah jg toh? yup hasil shot dewek dgn kamera dipinjemin :D

    ReplyDelete
  9. @Andhika : cuma report event sih sebenernya. Tadi sore ke PS pk mobil merah kan? *OOT :D

    ReplyDelete
  10. saya persis lewat di depannya :D
    cm gak kelirik sm Dhika

    ReplyDelete
  11. Maknyus!!
    acara kyk ini memang memperkaya ide ya!
    semangat ngeblog!

    ReplyDelete
  12. Wew.....Fotonya lengkap nian....
    Share di milis dunk.....

    ReplyDelete
  13. @indahonly™ : goBlog :D

    @sewa komputer Bali : ikutan bos, masih ada 2 kota tersisa :D

    @dek Gugel Fanda(gri) :D sudah di share di FB kan, sama kok, cm beda di frame ajah

    ReplyDelete
  14. ntar kalo ada acara lagi kabar2i lg y...
    lumayan bwt nimba ilmu....
    nice post bro... :D

    ReplyDelete
  15. semoga selalu memberikan motivasi yang terbaik :)

    ReplyDelete
  16. @ayes : insya 4JJI bro :)

    @Fonega : amin.. terima kasih sdh berkunjung n salam kenal :)

    ReplyDelete
  17. wahhh seru sekali sepertinya acaranya yahh.. jadi iri coba saya bisa ikutan :(

    ReplyDelete
  18. yup lumayan seru dan bertabur hadiah :)

    ReplyDelete
  19. di media sebelah kan sdh lengkap :p

    ReplyDelete
  20. Wah artikel keren,
    semoga menang....

    ReplyDelete
  21. amin... thx and semoga sukses jg :)

    ReplyDelete
  22. wih rame ... kira2 ada ga diantara itu ternyata masih sodaraan ama aku. heheheh ... secara wong kito galo gitu looh :D

    ReplyDelete
  23. wah2
    seru juga ya di Palemnbang :)

    Salam dari blogger Jogja

    ReplyDelete
  24. Wah2 ada tamu jauh berkunjung, salam kenal kembali dari WongKito :)

    ReplyDelete
  25. kak aulia, sdh slsi kak pindahan blognya, yuk mampir ke blog saya yang baru, www.ilh4m.web.id :)

    ReplyDelete
  26. assssstaaagaaahhh..... *baru liat *nutup muka

    ReplyDelete
  27. mkch infonya,, mebel furniture jepara www.jeparadisemebeland.com salam kenal salam sukses gan,,

    ReplyDelete
  28. tukar link donk..
    abubakarfreedom.blogspot.com

    ReplyDelete
  29. kapan ad alagi nih ?
    pengen juga ikutan looohhhh

    ReplyDelete

Silakan cuap-cuap sepuas hati anda..!!!