Monday, September 8, 2014

AMANAH



Dear sob, sudah lama daku ga nulis di blog yang usang nan berdebu ini. Many things happen, but I always not into the mood to take what I felt, what I saw n what I heard or it was just what I knew become a couple words as a story to tell in this blog. Rasanya skill menulis yang belum mumpuni semakin ga terasah aja saat ini. Ada sedikit perasaan terkungkung dengan keadaan sebagai faktor penyebab ga pernah jarang menulis ini di kala kesibukan di dunia nyata datang bertubi tubi. Waktu senggang pun dimanfaatkan untuk istirahat atau bersenang-senang dengan menjauhkan diri dari laptop.

Okay, time to skip the prologue. Now lets talk about "amanah"

Based on wikipedia : Amanah (Arabic: أمانة), is a term that, in the closest literal English translation, means fulfilling or upholding trusts.
Dengan kata lain dalam bahasa Indonesia berarti kurang lebih seperti ini : "mendapatkan/memenuhi suatu kepercayaan"

Pada dasarnya manusia hidup di muka bumi ini sudah berupa amanah dari YME, tinggal bagaimana manusianya sendiri bagaimana memanfaatkan amanah tersebut. Terlepas dari hal tersebut, amanah di muka bumi ini pun banyak macamnya. Semisal pekerjaan, jabatan, kekayaan, pasangan bahkan anak sekalipun adalah amanah.

Seringkali penyebab amanah tidak dijalankan/dimanfaatkan dengan baik adalah kuasa atas amanah yang diberikan tersebut berpotensi bagi seseorang/sekelompok orang untuk berbuat demi kepentingan pribadi/golongan tertentu tanpa memikirkan dampak yang akan terjadi di kemudian hari bagi orang lain/golongan lainnya. Itulah kenapa sejatinya "amanah" adalah sesuatu hal yang "berat" pertanggungjawabannya baik di dunia maupun di akhirat nanti.

Kenapa daku tetiba muncul membahas soal "amanah"? Ceritanya sedang jadi korban dari beberapa amanah. Ga bisa dijelasin secara detail karena menyangkut aib orang. Pada intinya daku diberikan suatu amanah, dan karena amanah tersebutlah menjadi korban* dari suatu keadaan. Amanah bagai 2 sisi mata uang, yang baik dan buruk. Tetapi kadang berdiri tegak sehingga baik dan buruk itu dapat sama-sama terlihat.

Moral story : Amanah itu melekat, tinggal bagaimana kita menjaga amanah yang didapat/diberikan tersebut. Apabila dalam perjalanan merasa diberatkan oleh amanah, berusahalah terlebih dahulu dengan sebaiknya sebelum melepas amanah tersebut. Karena akan tetap ada yang namanya konsekuensi.

Sept 2014, Au'


*pun bisa menjadi pelaku, tergantung sisi mana yang dilihat

Sumber gambar : mesin pencari google

No comments:

Post a Comment

Silakan cuap-cuap sepuas hati anda..!!!