Tuesday, March 20, 2007

IMAM

Based on true story

Dikutip dari ceramah seorang ustadz (lupa namanya) pada saat perayaan Nuzulul Qur'an. Diubah sedikit dengan gaya bahasa sang penulis :)

Tersebutlah suatu ketika di pedusunan/daerah yang jauh dari perkotaan akan diadakan sholat id (tidak dijelaskan idul fitri/idul adha). Imam yang dipilih saat itu adalah qori' yg bacaannya lancar, bagus dan sudah berpengalaman menjadi Imam. Singkat kata sholat dimulai, sang Imam ini membaca basmallah lalu surat Sabbihismarobb......... Para makmum langsung mengucap Subhanalloh....Dalam hati sang Imam sadar bahwa ia telah melakukan kesalahan, tapi dia belum sadar apa sih salahnya. Kemudian sang Imam mengulang lagi bacaan suratnya Sabbihismarobb......kali ini dengan suara yang lebih keras dan lantang, tapi para makmum serentak mengucap Subhanalloh kembali.....sang Imam langsung terdiam kali ini agak lama masih bingung dimana letak kesalahan dia. Lama terdiam akhirnya ada seorang makmum yang posisinya agak jauh dari sang Imam berteriak "Al-Fatihah hoiiii..." (gedubrak!@#$%^) hehehe....ternyata itu toh salah sang Imam. Akhirnya sholat pun dibatalkan dan diulang kembali dari awal. Seorang Imam yg notabene adalah pilihan terbaik pun msh bisa melakukan kekhilafan dan kesalahan, jadi seorang Imam itu adalah manusia biasa yang tak lepas dari suatu kesalahan.

Cerita diatas mencerminkan seorang Imam itu seperti sopir bus dan para makmum adalah penumpangnya. Para penumpang boleh menegur sang sopir apabila ia salah/khilaf dan apabila sampai bbrp kali si sopir tsb tak sadar juga sebaiknyalah para penumpang turun saja dari bus itu. Dan berpindah ke lain bus (dalam hal ini berganti Imam yang lain)

Cerita yang unik menurutku, makna yang tersirat bisa diambil hikmahnya....

No comments:

Post a Comment

Silakan cuap-cuap sepuas hati anda..!!!